Embung Gunung Panggung Satu Lagi Destinasi Wisata Di Ponjong Gunungkidul

Tuesday , 10, September 2019 Comments Off on Embung Gunung Panggung Satu Lagi Destinasi Wisata Di Ponjong Gunungkidul

Embung Gunung Panggung Satu Lagi Destinasi Wisata Di Ponjong Gunungkidul – Selain berbagi potensi wisata kuliner, Kecamatan ponjong dikala ini sedang berbagi wisata alam dataran tinggi berupa Embung di puncak Gunung Panggung, Desa Tambakromo, Ponjong yang mempunyai ketinggian 500 meter dari daratan.

Embung Gunung Panggung ini terletak di dusun Klepu, Tambakromo, Ponjong, Gunungkidul. Embung ini sedang dalam proses pengerjaan. Embung ini berada di puncak gunung, sehingga pemandangan nya terlihat indah. Jika kita berada di puncak embung, kita sanggup melihat Waduk Gajah Mungkur dengan jelas.

Embung Gunung Panggung Satu Lagi Destinasi Wisata Di Ponjong Gunungkidul  Embung Gunung Panggung Satu Lagi Destinasi Wisata Di Ponjong Gunungkidul

Proses penggalian embung sudah selesai, dan dikala ini sudah mulai melapisi lubangan embung dengan geomembrand yang diimpor dari Thailand. Fungsi dari geomembrand yaitu sebagai pelapis kedap air, dalam hal ini untuk tampungan air yang digunakan untuk penyiraman buah dan juga sebagai konsumsi warga sekitar. Geomembran yang digunakan ukurannya 0.75 mm, yang diperkirakan sanggup bertahan sampai 25 tahun.

Karena di Gunung Panggung ini banyak bebatuan, maka sebagai perlindungan tidak hanya memakai geomembrand, tetapi juga dilapisi dengan geotekstil, tujuannya biar geomembrand itu tidak pribadi bersentuhan dengan batu, alasannya yaitu kalau geomembrand langung bersentuhan dengan batu, maka akan terjadi kebocoran. Pembangunan embung ini telah selesai pada simpulan Maret 2015.

Keindahan Embung Gunung Panggung

Embung Gunung Panggung Satu Lagi Destinasi Wisata Di Ponjong Gunungkidul  Embung Gunung Panggung Satu Lagi Destinasi Wisata Di Ponjong Gunungkidul

Bayangkan dulu saja yaa, dari atas puncak Gunung Panggung, disebelah timur ´┐ŻLuasnya Waduk Gajah Mungkur di Wonogiri itu nampak sangat jelas. dan ternyata waduk Gajah Mungkur itu memang sangat sangat sangat luas. terus di lereng utara, kecamatan Semin dan Kabupaten Sukoharjo nampak sangat jelas. terus dibagian barat dan selatan, hamparan pegunungan seribu yang luasnya tak terbantahkan lagi menampakkan pesonanya. Sawah-sawah penduduk yang membentuk sengkedanpun menjadi panorama yang indah. sawah-sawah di lereng pegunungan yang menampakkan liuk lika-likunya begitu indah. belum lagi rumah-rumah warga yang tereletak di puncak gunung sungguh menakjubkan.

Gunung Panggung ini merupakan salah satu daerah yang cocok untuk melihat Sunset maupun Sunrise. Letaknya yang berada di puncak timur gunungkidul, memungkinkan keindahan tersebut terjadi. Kalau masih belum puas dengan Gunung Panggung, kita juga sanggup jalan terus ke Wonogiri untuk menikmati Hutan Pinus. ga terlalu jauh kok dari Gunung Panggung. yang terperinci Hutan Pinus yang ada di sini beda dengan yang ada di Dligo, Imogiri itu. selain letaknya yang lebih tinggi, suasananya pun jauh lebih sepi, sejuk, dan Indah.