Gladi Higienis Pementasan Wayang Cakruk Di Karangwetan Banyak Penonton

Sunday , 4, August 2019 Comments Off on Gladi Higienis Pementasan Wayang Cakruk Di Karangwetan Banyak Penonton

Pada Malam tadi 3 November 2015 di Dusun Karangwetan, Gedangrejo, Karangmojo, Gunungkidul telah dilaksanakan gladi higienis pementasan Wayang Cakruk di daerah bapak dukuh Sembodo. Gladi higienis itu dilaksanakan untuk menggelar pementasan wayang Cakruk pada Sabtu 7 November 2015 dalam rangka syukuran dusun Karangwetan lantaran sudah melakukan program moral Suran dengan lancar.

 Gunungkidul telah dilaksanakan gladi higienis pementasan Wayang Cakruk di daerah bapak duku Gladi Bersih Pementasan Wayang Cakruk Di Karangwetan Banyak Penonton

Wayang cakruk ialah pementasan dengan wayang berwujud citra insan masa kini. Cerita yang disampaikan merupakan penuturan perihal perjalanan hidup manusia, mulai dari dongeng masyarakat yang terpinggirkan hingga elit atau pejabat pemerintahan.

Temanya pun berganti-ganti diubahsuaikan kebutuhan. Politik, ekonomi, sosial, hingga dengan penegakkan aturan dan duduk kasus budaya, semua diakomodasi. Pementasan wayang cakruk dilakukan secara insidental dan seringkali merupakan spontanitas. Tempatnya pun tidak pasti, mulai dari jalan-jalan kampung, alun-alun, sangar seni, hingga dengan rumah perorangan.

Latihan Pementasan Wayang Cakruk Di Karangwetan

Pementasan wayang Cakruk tersebut akan di gelar oleh Ki Lekso Harjomandoyo, dari Karangtengah, Wonosari, Gunungkidul yang merupakan salah satu abdi dalem Keraton Yogyakarta.

Acara pementasan Wayang Cakruk tersebut di iringi oleh kelompok karawitan dari dusun Karangwetan itu sendiri. Sebelum pementasan Wayang Cakruk, akan ditampilkan Organ tunggal.

Gladi higienis pementasan Wayang Cakruk malam tadi ternyata menyedot perhatian publik. Khususnya masyarakat Karangwetan yang antusias menyaksikan´┐Ż tersebut. Karena memang belum banyak yang mengetahui apa itu Wayang Cakruk. Sehingga dengan penampilan tersebut nantinya di harapkan sanggup menambah gosip seni kebudayaan gres bagi masyarakat di Karangwetan.