Malam Selasa Kliwon Cupu Kyai Panjala Akan Dibuka

Saturday , 14, September 2019 Comments Off on Malam Selasa Kliwon Cupu Kyai Panjala Akan Dibuka

Malam Selasa Kliwon Cupu Kyai Panjala Akan Dibuka – Sebuah tradisi setiap tahun, dilaksanakan di dusun Mendhak desa Girisekar kecamatan Panggang Gunungkidul, tradisi membuka selimut Cupu Kyai Panjolo, berdasarkan Sutarpan pemuka masyarakat di Dusun Mendak, dulu Cupu Kyai Panjala dibuka selimutnya untuk melihat menerangkan tahun depan flora yang baik apa, tetapi kini sejalan dengan perkembangan jaman, Selimut Cupu Kyai Panjala yang ratusam lembar itu, sebagian ada yang ditemukan ada gambarnya, dimana gambar tersebut sebagai menerangkan tahun depan akan ada kejadian, baik yang jelek maupun yang baik.

Menurut Sutarman periapan pembukaan Selimut Cupu Kyai Panjala, resmi akan dilakukan Senin Wage malam Selasa Kliwon (12/13 Oktober 2015.), ibarat biasa ribuan orang berdatangan dari banyak sekali penjuru, untuk mengetahui apa isi/gambar Selimut Cupu Kyai Panjolo, yang disimpan di Rumah Dwijosumarto.

Tahun ini diperkirakan jumlah pengunjung meningkat, alasannya ada insiden menarik, yakni Pilkades dan Pilkada, banyak yang memperkirakan Kades, Bupati dan Wakil Bupati siapa yang bakal jadi. Perlambang akan ditorehkan di selimut Kyai Panjala.

Malam Selasa Kliwon Cupu Kyai Panjala Akan Dibuka  Malam Selasa Kliwon Cupu Kyai Panjala Akan Dibuka

Sambudi yakni satu penduduk, yang ditemui membenarkan bahwa tradisi pembukaan selimut Cupu Kyai Panjala, selalu mendatangkan orang banyak, yang membawa peningkatan kesejahteraan warga, setiap pembukaan cuku titipan sepeda motor dan mobil, menjadi penghasilan Karangtaruna, warga juga menciptakan makanan ada Bakso, Soto, Bakmi dan masakan lainnya. Polsek Panggang semenjak seminggu sudah melaksanakan ceking ke Lokasi pembukaan Cupu Kyai Panjolo. Dwijosumarto yang ketempatan Cupu kyai Panjolo sebelum melaksanakan tradisi, terlebih dulu melaksanakan puasa, semoga pembukaan Cupu berjalan dengan lancar.

Tradisi Pembukaan cupu Kyai Panjolo, pengunjung akan menerima hidangan makan kembul bersama (satu piring untuk 2 orang), yang disajikan menjelang pembukaan, sedang makan sebelumnya ada, tetapi satu piring ya satu orang.