Mengenang Tokoh Inspiratif Legendaris Pak Raden ‘Si Unyil’

Monday , 12, August 2019 Comments Off on Mengenang Tokoh Inspiratif Legendaris Pak Raden ‘Si Unyil’

Pak Raden, yang punya nama orisinil Suyadi ialah sosok di balik kemunculan tokoh boneka si Unyil pada 1980-an dengan tujuan yang mulia, yaitu mendidik adab dan perilaku anak Indonesia. Di balik sosok yang kelihatan garang, Pak Raden yang orisinil bekerjsama mempunyai sifat yang peduli dan penyayang pada anak-anak.

 yang punya nama orisinil Suyadi ialah sosok di balik kemunculan tokoh boneka si Unyil pada  Mengenang Tokoh Inspiratif Legendaris Pak Raden ‘Si Unyil’

Lulusan Seni Rupa, Institut Teknologi Bandung tahun (1952-1960), tersebut mengembuskan napas terakhir di Rumah Sakit Pelni, Petamburan, Jakarta Barat, pada Jumat (30/10/2015) sekitar pukul 11.00 malam akhir bisul paru-paru yang dideritanya.

Penyakit dan kondisi yang mengharuskan tokoh inspiratif Pak Raden duduk di atas dingklik roda bukan penghalang bagi pendongeng termashyur ini untuk terus berkarya. Dia masih mendongeng, melukis, dan menghadiri sejumlah acara. Bahkan, Pak Raden sempat tiba ke program penghargaan yang diadakan salah satu infotainment, kemudian mendapatkan Lifetime Achievement. Pak Raden berhak mendapatkan rumah sebagai hadiahnya.

Dua hari sehabis program itu, Pak Raden seharusnya menjadi narasumber dalam program Bintang Nutricia. Namun, para tamu yang ingin bertemu dan melihat agresi Pak Raden harus gigit jari alasannya ialah dia tidak hadir. Panitia menyampaikan gres menerima telepon dari keluarganya jika kondisi Pak Raden tidak memungkinkan dia untuk hadir siang itu.

Bagi Anda generasi 90-an, sosok ini sangat kental dengan topi belangkon dan pakaian khas Jawa serta tak lupa kumis tebalnya. Beberapa hari berselang, para penggemar dikagetkan dengan kabar yang menyebut Pak Raden meninggal dunia di usia 82 di Rumah Sakit Pelni Petamburan, Jumat (30/10/2015) malam.

Kini sosok tegas dan tawa yang menggelegar dia tak lagi sanggup kita lihat dan dengar. Namun, karya dan jasanya bagi bawah umur Indonesia akan selalu dikenang manis. Selamat jalan Pak Raden, sosokmu sebagai pejuang adab anak Indonesia akan selalu dikenang.