Merasakan Nikmatnya Tempe Benguk Dan Cara Membuatnya

Thursday , 25, July 2019 Comments Off on Merasakan Nikmatnya Tempe Benguk Dan Cara Membuatnya

Tempe benguk ialah kreasi lain dari jenis tempe yang termasuk langka dimasyarakat (dari biji kara benguk, Mucuna pruriens) . Pada ketika ini tempe benguk sudah sangat langka dan tidak akan di temukan di kota-kota besar.� Sebenarnya tempe benguk sangat yummy dan mantap jikalau mengolahnya dengan sabar dan teliti. .

Koro benguk (Mucuna pruriens) merupakan jenis koro-koroan yang bila dibandingkan dengan kedelai, kadar protein dan lemak kara benguk lebih rendah, sedangkan kadar karbohidratnya lebih tinggi, bahkan dua kali kandungan karbohidrat kedelai. Pembudidayaan yang gampang sanggup menyebabkan koro benguk sebagai alternatif sumber protein.

Tempe benguk ialah kreasi lain dari jenis tempe yang termasuk langka dimasyarakat  Merasakan Nikmatnya Tempe benguk Dan Cara membuatnya

Bengok hanya sanggup Hidup jikalau tidak terlalau banyak air. Di tempat Kecamatan Gedangsar marupakan tempat yang cocok untuk menanam benguk ketika ekspresi dominan kearau. selain gampang dalam menanmnya pohon benguk tidak gampang gugur daunnya sehingga sanggup di awetkan untuk pakan ternak.

Cara menciptakan tempe benguk secara tradisional :1. Siapkan benguk(dari biji koro benguk) kemudian kita rebus dengan air hingga mendidih kurang lebih 1 jam, terkadang dalam memasak dicampur dengan bubuk gosok, tujuannya ialah untuk menyerap getah yang ada di kulit beguk supaya tidak terserap kedalam benguk itu sendiri, sebab kalau tidak maka rasanya akan pahit.2. Setelah dimasak kurang lebih 1 jam kemudian kita tiriskan, kemudian kita kupas kulitnya, sesudah itu benguk kita basuh hingga bersih.3. Setelah itu kita siapkan wadah ditambah air untuk merendamnya selama 3 hari, sesudah direndam dalam air selama 3 hari kemudian kita tiriskan dan kita angin-anginkan.4. Diteruskan ke proses peragian dengan mengunakan ragi seprti ketika menciptakan tempe dari kedelai.5. Setelah proses peragian selesai, Benguk kita bungkus, biasanya dibungkus pake daun pisang atau daun jati. Setelah dibungkus ditarus dilantai atau tempat yang penting jangan lembab dan harus masih ada sirkulasi udaranya, sesudah 1 atau 2 hari biasanya Tempe Benguk sudah jadi dan siap untuk dimasak.6. Biasanya Tempe Benguk di masak dengan digoreng atau dibacem.Selamat menikmati Tempe beguk.

Tags: