Petugas Tnks Awasi Ketat Api Unggun Di Gunung Kerinci

Monday , 19, August 2019 Comments Off on Petugas Tnks Awasi Ketat Api Unggun Di Gunung Kerinci

Gunung Kerinci dikenal juga sebagai Gunung Gadang atau Puncak Indrapura. Gunung ini merupakan gunung tertinggi di Sumatera dan gunung berapi tertinggi di Indonesia. Terletak di Provinsi Jambi, gunung ini dikelilingi hutan lebat Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) dan merupakan habitat harimau Sumatera serta warak Sumatera.

Gunung Kerinci berbentuk kerucut dengan lebar 13 km (8 mil) dan panjang 25 km (16 mil), memanjang dari utara ke selatan. Pada puncaknya di sisi timur maritim terdapat kawah sedalam 600 meter (1.969 kaki) berisi air berwarna hijau. Hingga sekarang, kawah yang berukuran 400 x 120 meter ini masih berstatus aktif. Gunung Kerinci merupakan gunung berapi bertipe stratovolcano ini terakhir kali meletus pada tahun 2009.

Gunung Kerinci dikenal juga sebagai Gunung Gadang atau Puncak Indrapura Petugas TNKS Awasi Ketat Api Unggun di Gunung Kerinci

Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) di Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi mengimbau semoga pendaki tidak menyalakan api unggun sembarangan. Hal ini demi mengantisipasi terjadinya kebakaran lahan dan hutan dikala trend kemarau.

Untuk mengantisipasi kebakaran itu, Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Seksi Wilayah I Balai Besar TNKS Sephadi memperingatkan pendaki Gunung Kerinci dan Danau Gunung Tujuh sebelum melaksanakan pendaftaran di pos penjagaan. Namun kalau pun menyalakan api unggun, para pendaki diminta mengecek betul-betul api unggunnya apakah sudah benar-benar mati dikala ditinggalkan.

Meski melaksanakan pengawasan ketat, para pendaki masih diperbolehkan melaksanakan pendakian sampai puncak Gunung Kerinci (3.805 mdpl) dan Danau Gunung Tujuh (1.950 mdpl). Sementara, petugas TNKS juga memperketat pengawasan terhadap kegiatan pendaki. Hal ini untuk mengantisipasi kebakaran yang sudah terjadi di beberapa tempat pendakian di Indonesia.

Sekilas info, Danau Gunung Tujuh merupakan danau yang terletak di Desa Pelompek, Kecamatan Ayu Aro, Kabupaten Kerinci, Jambi. Danau ini berada di tempat Gunung Tujuh, sebuah gunung yang berada sempurna di belakang Gunung Kerinci. Danau ini juga masuk dalam wilayah TNKS. Danau Gunung Tujuh pun merupakan salah satu Danau tertinggi di Indonesia.