Presiden Joko Widodo Peringati Hari Hero Di Surabaya

Wednesday , 17, July 2019 Comments Off on Presiden Joko Widodo Peringati Hari Hero Di Surabaya

Bapak Kepala Negara, Joko Widodo dijadwalkan memimpin upacara peringatan Hari Pahlawan di Tugu Pahlawan, Surabaya, pada hari Selasa (10/11/2015). Kehadiran Presiden Jokowi di Surabaya menjadi catatan tersendiri alasannya ini ialah kali pertama Upacara Peringatan Hari Pahlawan dilaksanakan di Surabaya dan dipimpin pribadi oleh Presiden RI.

Turut hadir mendampingi Presiden, Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan Luhut Pandjaitan, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki dan Gubernur Jawa Timur Sukarwo.

 Joko Widodo dijadwalkan memimpin upacara peringatan Hari Pahlawan di Tugu Pahlawan Presiden Jokowi Peringati Hari Pahlawan di Surabaya

Dalam memimpin upacara peringatan Hari Pahlawan, Presiden Jokowi memberikan bahwa ketika ini Indonesia sedang berada di awal jalan perubahan. Perubahan ke arah penguatan fondasi pembangunan nasional supaya pembangunan yang dijalankan membawa kemakmuran rakyat.

Perubahan ke arah Indonesia sentris dan bukan sekadar Jawa sentris, perubahan ke arah kebebasan beropini yang konstruktif dan merajut persatuan nasional, bukan menghasut konflik horizontal dan membuat histeria publik.

Dia mengatakan, itulah tantangan-tantangan sejarah yang harus dihadapi. ?Namun, ia percaya, nilai-nilai kepahlawanan menyerupai perjuangan, pengabdian, dan pengorbanan tanpa pamrih untuk bangsa, ialah napas hidup di bidang dedikasi masing-masing.

Dengan jiwa kepahlawanan itu, ucap dia, maka Indonesia akan mempunyai pahlawan-pahlawan gres yang berjuang untuk bangsa dan negara di lapangan kehidupannya masing-masing. Dalam pidatonya, Jokowi menyebut Indonesia ialah negeri para pahlawan. Tak hanya itu, Jokowi menyampaikan Indonesia mempunyai rakyat yang tanpa memandang ras dan golongan untuk bahu-membahu menuju Indonesia Raya.

Semangat itulah, kata dia, yang harus diwarisi pemuda-pemudi ketika ini. Mereka harus meneruskan usaha para pendekar dengan berdaulat, mandiri, dan berkepribadian. Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi bertolak ke Surabaya dengan memakai Pesawat Kepresidenan Indonesia-1, Senin (9/11/2015) malam, dari Pangkalan Tentara Nasional Indonesia AU Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Setelah melaksanakan upacara peringatan Hari Pahlawan di monumen Tugu Pahlawan Surabaya. Presiden Jokowi melaksanakan ramah tamah dengan para perintis kemerdekaan didampingi dengan Menteri Sosial Khofifah Indar Pawaransa dan Gubernur Jawa Timur Soekarwo.