Rumah Budaya Madusari Di Gunungkidul, Wadah Budaya Lokal

Thursday , 15, August 2019 Comments Off on Rumah Budaya Madusari Di Gunungkidul, Wadah Budaya Lokal

Gedangsari.com – Dusun Madusari, Wonosari, Gunungkidul dengan menggenjot sisi seni budaya dan teknologi sempurna guna dengan meluncurkan Rumah Budaya dan lomba inovasi.

Rumah Budaya yang diluncurkan pada Bulan Agustus kemudian merupakan inspirasi yang digagas oleh seorang warga yang sekarang berdomisili di Jakarta. Rumah Budaya ini didirikan bertujuan mengangkat dan melestarikan budaya yang ada di Kabupaten Gunungkidul.

Tujuan lain dari kehadiran Rumah Budaya ini juga diperlukan bisa mengangkat keberadaan seniman dan seniwati yang ada di Gunungkidul. Terutama juga semoga kreativitas anak muda tidak luntur serta potensi seni mereka tersalurkan.

 Gunungkidul dengan menggenjot sisi seni budaya dan teknologi sempurna guna dengan meluncurka Rumah Budaya Madusari Di Gunungkidul, Wadah Budaya Lokal

Ragam Budaya Di Dusun Madusari

Di Madusari bermacam-macam jenis kebudayaan tumbuh di sela-sela masyarakat, menyerupai toklik, gejog lesung, dan karawitan. Rencananya, Madusari membuatkan sejumlah kesenian untuk anak menyerupai Doger Reog. Alat musik menyerupai gamelan dan perlengkapan musik ala anak band, komplit ada di Madusari. Harapannya Rumah Budaya Madusari ini bisa dipakai sebaik-baiknya, seniman dan seniwati dari kota maupun pelosok bisa ikut bergabung.

Bukan hanya membuatkan seni dan budaya, Dusun Madusari juga berniat membuatkan kemampuan masyarakat berinovasi dalam hal mengolah limbah dan inspirasi pengembangan potensi teknologi sempurna guna.

Inovasi mengolah limbah dan inspirasi pengembangan potensi teknologi sempurna guna

Hal itu diwujudkan dalam lomba inovasi. Di mana masyarakat yang mengikuti lomba ini harus mengolah barang-barang limbah sampah untuk dijadikan dalam bentuk produk prototype atau sejenis miniatur.

Dalam lomba penemuan itu para penerima diwajibkan menampilkan satu bentuk produk yang dilombakan. Produk prototype itu merupakan olahan dari barang limbah sampah yang tidak terpakai.

Produk prototype yang maju dalam lomba antara lain bentor perpusling, rumah sampah, rumah sehat, biogas gedung PAUD, sterilisator air, tamanisasi, tower seluler, dan penerangan jalan. Produk tersebut mengangkat problem lingkungan yang ada di Dusun Madusari kemudian untuk menghadirkan solusinya. Hasil penemuan berupa prototype itu dipresentasikan kemudian secara bersamaan nantinya untuk mencari jalan keluarnya untuk diwujudkan dalam bentuk lebih aplikatif.